2nd may, L’Arc~en~Ciel in jakarta “don’t be sad it’s over, be glad it’s hapend”



2nd may, L’Arc~en~Ciel in jakarta
“don’t be sad it’s over, be glad it’s hapend”



Sekitar 2 tahun yang lalu... aku sempet ngepost di fanpage L’arc~en~Ciel internasional, ngga tau itu official apa unofficial. Dengan nihon-go pas-pasan aku nekat ngepost dalam bhs jepang dan meminta mereka untuk berkunjung ke Indonesia. Dengan harapan yang tipis dan beberapa kali gosip mereka bakal main ke indonesia, harapan semua cielers terkabul sekitar 2 mei kemaren.
Akhirnya setelah sekitar 5 bulan bergalau-ria(akhir januari, febuary, maret, april, mei) tiket aku akirnya nyampe di tangan T^T. Aku ngga dapet yg beli di officialnya, jadi nitip temen buat beli. Well,pokoknya gitu dh. Aku sempet parno kenapa2 ama tiketku. Tapi akhirnya, tanggal 2 mei itu sekitar jam 3, tiketku mendarat dengan selamat di tanganku XXD

*si freak dan tiketnya. Sumpah senyumku ternyata weirdo abis XXD

Sempet ada juga cielers yang ngebagi2in kertas yg untuk pemberitahuan yg isinya “bless project” yang isinya menyarankan apa yg sebaiknya kita lakukan pas konser ntar.
Sekitar jam 4an GATE 1nya dibuka. Dan antrinya njubel, VIP, PREMIUM, ama REGULER nyampur semua. Setelah masup di gate satu... eng, ngga begitu inget. Pokoknya abis itu ingetnya ada band pembukanya, dan aku ama temen2 AJR-ku terkkafar di depan opening stage ngga begitu nonton. Lanjut ke GATE 2!!!

Gate 2, demi gamelannya Hyde, antrinya kek “ular naga panjangnya bukan kepalang, menjalar-jalar kesana kian ke mari, umpan yang lezat itu lah yang ditangkap” *disuruh makan balsem*
PANJAAAANG & RIBEEET!
Aku udah desperate ngeliatnya, tapi well, akhirnya nyampe juga.
Udah ampe di dalam, kita langsung dimasupin ke kandang. Kebetulan aku dapet yg premium, dan yang rada kosong itu sebelah kanan penonton dan di tempat aku di depannya layar kanan. Dan begitu ngeliat ke daerah seat VIP... somplak! Banyak banget lenggangnya cuk! >,< paling yang keisi sekitar nya doang!! Haaah! Aku mau masup ke VIP!!
Oke, setelah 15menitan kita ngeliatin plastik layarnya di buka-tutup ama staffnya, akhirnya terdapat tanda-tanda konsernya di mulai.

Konsernya di buka dengan hyde mengucapkan “seramat maram(selamat malam kamsutnya XXD)”, gue dan seluruh penghuni senayan saat itu ngebales salamnya dengan semangat tuan krab ngeliat uang cepek. “maaalleeeeeeeeeeeeeeem!!” XXD. Gitu deh. 
Setelah itu dia ngucapin sepatah-dua patah kata ttg bagaimana senangnya dia bisa ada di Indo dalam bahasa Indo. Asoy bgt lah Bang!!

Konser dibuka dengan lagu Ibara no namida, dan aku baru nyadar itu adalah ibara no namida setelah separo lagu nyany-nyanyi. Ngga jelaaas, liriknya apal judulnya malah lupa!

Setelah itu disusul dengan lagu-lagu hits markotopnya laruku yang emang uda sering dibawain langganan di konser-konser mereka dimana tracklistnya ngingetin aku ama “theater of kiss”. Yang emang mengejutkan mungkin ‘Ibara No Namida’ dibawain karena menurut aku lagu itu termasuk jarang dibawain. Tapi aku suka lah! XXD

Lagu-lagu andalannya mereka seperti Link, My heart draws a dream, stay away, anata, dsbg dibawain dengan sangat bagus, ditambah euforia aku karena ini beneran pertama kalinya aku niat nonton konsesr jadi ya keren aja lah! XXD. Sayangnya lagu paporit aku semacam ‘Shout at the devil’, ‘promise land’, ‘Umibe’ dan ‘Lose control’ ngga dibawain. Tapi untunglah ‘Fate’ dan ‘Ibara no namida’ dibawain ^w^)d
dari 20 lagu alhamdulillah aku hapal sebagian besar liriknya karna emang udah pada kuterjemahin, kecuali Chase(cuman inget yang lirik2 reff-nya doang), XXX(yang ini bener-bener ngga hapal XXD) dan Link. Kalo Chase ama XX emang udah menduga bakal keluar tapi tetep aja gue kukuh ngga mau ngedengerin soalnya emang ngga suka, kalo Link... ntar deh kubikin translatenya dulu.
performa si Hyde pas ngebawain HONEY

Wait, belum berakhir!!

Lagu yang menurut aku paling berkesan adalah “forbidden Lover” dan semua yang nonton (live maupun via internet) pasti bakalan tw. HYDE BENERAN NANGIS DI SITU. Ngga kerasa aku ikutan mewek2 disitu, apalagi pas beneran di shoot kamera keliatan di layar segede gaban mukanya hyde beserta airmatanya.

Let me tell you something: for me, when jrockers cry is priceless!!!
Aku cinta melihat para jrocker itu nangis!!! XXD
ada sebuah kepuasan tersendiri ngeliat mereka nangis karena terbawa suasana kek di Last Livenya Kagrra &  X JAPAN, trus di final konsernya the Gazette, dan of course, di konser 2 mei kemaren. Oke, kembali ke forbidden lover tadi.
Gue terharu cuk!!!
Sora takaku maiagare kono kokoro
Uzumaita warui yume yori takaku
Toki hanatsu anata he no kono omoi
Tooi chi he kagayaki wo hanatte
Arata naru kuni ni yagate kuru hi ni mo
Onaji michi wo mata tooru darou ka
OMFFG!!!
Bener-bener ngga bisa ngelupain saat Hyde nangis gara-gara lagu ini   b(T^T)d

Trus ada juga pas ken ngomong dalam bhs Indonesia, “MANTAAAPPP!!”
si ken paporitnya ngomong itu dan ngomong “mau? Mau? Mau?” (entah dia keracunan iklan ato kumaha, eh.... tapi kata temen dia ngomong mantap-tap tap. tapi aku yakin di recorder aku dengernya "mau" kok). Pas ngomong ‘mau’-nya lancar, mungkin gara-gara karena ada bahsa jepang yg pengucapannya sama ‘mau(berdansa)’. Tapi dia ngucapinnya jadi kedengeran kek “maw, maw, maw?”
Aku sempet ngerekam omonggannya itu pake recorder HP, tapi sumpah jelek bgt suaranya, tapi Kira-kira dia ngomong gini (please CMIIW):
(semua huruf ‘L’ yang diucapkan ken ngga begitu sempurna. Masih ada ‘R’nya dikit. Pokoknya dia baca dari kertas dengan sedikit aksen jepangnya)


Ken: “gue sempet poto-poto di kota ‘blablabla(mungkin dia bilang kota tua ato apa gitu). Keren  banget!”
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
ken: “jakarta itu panas gila ya!”
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
ken: “makanya gue kemaren berenang di hotel”
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
ken: “pengennya sih sama cewek-cewek pakai bikini” *ecchi mode: ON*
Penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
ken: “tapi nasip, yang ada cuman gue dan temen2 gue”
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
ken: “hari ini... ada yang pake BIKINI gak?”
penonton cewek(termasuk aku): *dengan kepedean tingkat Zeus* ADAAAA!! (di sini pilihannya ada 2, kalo ngga penontonnya pengen liat muka ecchinya ken, ato emang penontonnya juga ecchi XXD)
ken: “ee??!! Doko?(di mana?)”
penonton cewek: “SINIII!!!”
aku: *dengan ke-mahaPEDEan dan sotoy tingkat Akut, gue berencana ngomong yg lebih kreatip. Pake bhs Jepang XXD* “KOKOOOO!!!” *nunjuk2 diri padahal pakean masih lengkap*
ken: *ketawa* ah... etto...
penonton (termasuk aku): *tertawa*
ken: “gue kemaren makan macam-macam... mi goreng, nasi goreng, sate dan ‘blablabla’. Enak banget”
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
ken: “maw maw maw? Mawmawmawmaw???”
penonton(Termasuk aku): “MAUUUU!!!” (ngga tau deh mau apa)
yuki: *drumroll*
penonton(termasuk aku): “YUUUUUKKKIIIIII!!!” (pembahasan bagaimana aku mulai jatuh cinta pada drummer akan dibahas di bab terpisah)
ken: “gue kemarin beli oleh-oleh buat hyde di pasar raya”
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
hyde: *merasa namanya dipanggil, kucuk-kucuk ke stage*
penonton(termasuk aku): HYYYYYDDEEEE!!!
gue: “tau gitu kemaren gue ke pasar raya!!” *ngarep jengkol*
ken: *nyerahin kotak dengan bungkusan batik ke Hyde. Masih di bungkus plastik denga tulisan PASAR RAYA*
hyde: *cengengesan nerima kado*
gue: *fujo mode: ON* : (Ngomong dalem hati) wooooiii!!! Itu tetsu gigit-gigit bass-nya noh!!! Ngga dijatah ntar malem nyaho lu!! XXD
penonton: BUKA! BUKA! BUKA!

ntah kenapa penontonnya ngga kepikiran kalo hyde CS ngga ngerti bahasa indo XXD

hyde: *ngeliat penonton tereak-tereak  akhirnya ngebuka kadonya*

dan ternyata isinya......
boneka wayang! Uhuy!!
hyde: *nangsung negakin bonekanya dan maenin*
ken: “isinya boneka wayang, gamelan kecil, suling dan bolpen wayang”

melihat vokalisnya tercinta mulai ngulek-ngulek gamelannya yang pretelan, ken ikut ngebantuin hyde buat ngerakit gamelan itu. akhirnya mereka berdua layaknya anak teka yang chiyuu-chiyuu, di atas panggung, ngerakit gamelan. MANTAAPP!!


hyde: *mulai ngebunyiin gamelannya*
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
hyde: *ngangket selusin bolpen dengan hiasan wayang*
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
hyde: *niup suling*
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”

ternyata sulingnya ngga bunyi. Ya iyalah! Orang suling bambu tiupannya kesamping dimaenin ke depan kek suling anak SD.
hyde: *cemberut gara-gara sulingnya ngga bunyi, trus ngentak-ngentakin sulingnya* 
salah atuh akang... sini kubantuin niup :3 *kissu mode: ON*

setelah hyde mendapat pencerahan cara meniup suling ke arah samping, dan suling berbunyi....
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
ken: (aku ngga begitu yakin dia ngomomong apa) “coba-coba”
hyde: *ngeluarin maenan yang kalo talinya ditarik bakal bunyi ‘CTONG!’*
ken & hyde: *cengengesan*
penonton(termasuk aku): *ketawa ngeliat bayi gede mainan di stage* XXD
yuki: *drumroll*
hyde: “terima kasih...” *kalem*
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
ken: (lagi, gue ngga yakin dia ngomong apa) “kakisini... gue bakal....” *berhenti, memandangi kertas* “ah, machigai(salah)!” *tertawa*  “habis  ini gue bakal suruh haido, buat mainin tu suling...”
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
ken: “MANTAAAAPP??!”
penonton(termasuk aku): “MANTAAAAPPP!!!”
ken: “MANTAAAAAAAPP?????!”
penonton(termasuk aku): “MANTAAAAAAAPPP!!!!!” *penonton on Fire*
ken: “lagu selanjyuutnyyaaah~!” XXD

nyahahahha! asik bgt dah ini gitaris.
trus ada juga bagian ketika tetchan ngebagi-bagiin pisang, seperti biasa. Tapi kali ini dia nambah juga ama lolipop2.
trus si tetchan juga sempet bilang: "ada yang mau pisang gue???"
penonton(termasuk aku): "MAUUU!!!"

 si tetchan nanya: “apa kalian mau jilat lolipop gue?”
O_o
Di kota asal aku, lolipop makna konotasinya ‘lolipopnya cowok’
anjiiir, bisa-bisanya kepikiran hentai kek gitu ditengah konser DX *pengaruh flirting hyde*
Dia juga di awal pidato ngelawak dengan ngomong: “gue... suju dari korea”
penonton(termasuk aku): “UOOOOO!!!”
Gila dah tetchan! Mau-maunya dia jadi boiben korea XXD

best day of my 17 years freakin life!! *mahaLEBAY*

Laporan dari aku segitu aja, soalnya pasti cielers yang lain juga pada udah cerita. Wkwkkwkw.
Hyde, you said that you WOULD come to indonesia again. I take ur words lho...
di ending juga dia bilang “Ja  Mata ne~(sampai jumpa lagi)”
uwaaa~~!!! gue mau jadi wayangnya biar diboyong ke jepang!!
*slap*

sumber gambar(selain poto aku tentunya XD): google, hataya666 dsbg

Postingan populer dari blog ini

Hitomi no Jyuunin- L’Arc~en~Ciel (indonesian translate)

ENDLESS RAIN- X JAPAN(Indonesian translate)

Sangatsu Kokonoka- REMIOROMEN (Indonesian translate)