Hitori Kakurenbo

Aku pertama kali mendengar permainan ini ketika aku mengetahui bahwa lagu Kagrra, mengisi Soundtrack untuk film Horror dengan judul yang sama (Jusou - Kagrra, OST. Hitori Kakurenbo 2009). Awalnya aku berfikir ini adalah judul filmnya, dan ternyata bukan. Aku tidak memiliki ketertarikan khusus dengan film ini sampai temanku memberitahu bahwa ini adalah semacam permainan memanggil setan yang dimainkan di jepang. Dari apa yang kubaca, permainan ini menjadi trend ketika orang-orang di ‘2 channeru’ (forum online jepang. Kurasa ini yang disebutkan di ‘densha otoko’?) memberitakannya pada tahun 2007.

Tertular dari kesukaan Isshi-san terhadap hal-hal gaib, aku mulai mencari informasi tentang Hitori kakurenbo ini. Satu yang benar-benar kusukai tentang Kagrra, adalah Kagrra, membawaku mengenal berbagai budaya dan mitos-mitos jepang bahkan sekalipun aku terlalu takut untuk benar-benar mengalaminya XD

Oke, karena aku benar-benar pengecut, butuh beberapa waktu untukku menetapkan hati untuk menulis ini, aku tidak mungkin mau menulisnya ketika matahari tenggelam, ketika aku sendirian, apalagi ketika matahari tenggelam DAN aku sendirian (LoL!! Aku mengerjakan ini pada minggu pagi di ruang TV ketika seluruh keluargaku berkumpul. Jangankan untuk melakukannya, bahkan untuk menulisnya saja aku ketakutan T^T. aku memang penakut. Berbagai bayangan buruk mulai terbentuk seperti film sementara aku membacanya sekilas). Plus aku sedang berada di tengah-tengah ujian akhir semester dan ujian komprehensif ketika aku menemukan hitori kakurenbo. Ketika ujian tersebut selesai aku pulang kampung dan benar-benar lupa dengan proyek ini dan… baru saat ini aku benar-benar memfokuskan diri untuk menulisnya.

Sebagian besar informasi disini kudapatkan dari http://black-cat-loki.tumblr.com dan aku hanya menerjemahkan dan menggabungkan dari beberapa blog yang bercerita tentang pengalaman penulisnya memainkan hitori kakurenbo. So credits belong to them :)

Sebelum aku memulainya, aku –orang yang belum dan tidak akan pernah mencobanya-  dan orang-orang yang telah mencoba permainan ini, telah memperingatkanmu.

JANGAN MEMAINKANNYA!!
TIDAK PEDULI SEBERAPA PENASARANNYA KAMU.

Kau bisa mencari di seluruh google dan akan menemukan sebagian besar dari mereka menceritakan pengalaman seramnya dan melarangmu. Oke, untuk tambahan, beberapa orang merasa cukup berani untuk mencoba permainan ini sehingga mereka meninggalkan komentar yang berkata bahwa mereka akan mencobanya. Aku tidak tahu apakah mereka benar-benar mencobanya kemudian selamat dan tidak meninggalkan komentar lebih lanjut atau sesuatu yang buruk terjadi pada mereka. Yang jelas tidak ada komentar lebih lanjut dari orang-orang tersebut…
Kau boleh menganggap ini hanya lelucon, tentu saja walaupun aku melarangmu, aku tidak bisa benar-benar mencegahmu melakukannya.

Seriously, I personally will never play this creepy game even if you pay me a billion.



~ HITORI KAKURENBO~


Kalimat yang berada diantara  tanda kurung ini….adalah tulisan dariku. Kalian boleh mengacuhkannya XD

Beberapa orang percaya bahwa permainan ini sebenarnya adalah ritual untuk memanggil keberadaan jahat ke dalam rumahmu. Apa yang sebenarnya kau panggil tergantung sumbernya, aku mendengar beberapa berkata kau memanggil iblis, beberapa yang lain mengatakan kau memanggil arwah yang terperangkap di bumi sementara yang lain berkata bahwa itu adalah arwah seseorang yang dikutuk untuk melawanmu, dan akhirnya, favoritku, bahwa kau membuat refleksi citra dari dirimu sendiri. Apapun yang telah kau panggil ke dalam rumahmu, kau mengikatnya dalam boneka binatang, seperti merasukinya. Aku telah membaca bahwa arwah itu akan menetap di dalam binatang itu dan menggunakan wujud itu untuk menemukanmmu, dan bahwa arwah itu dapat benar-benar mengambil bentuk terpisah dari bonekanya. Aku pikir apa yang setiap orang alami sebagian besar tergantung dari apa yang mereka sadari atau setengah sadari diharapkan terjadi.

Cara untuk memainkan game ini juga bervariasi, tapi aku akan membuat daftar dari setiap cara yang kutemukan sejauh ini.

Pertama, kau mengumpulkan benda-benda yang kau perlukan untuk permainan.

1.       Sebuah boneka hewan dengan dua lengan dan kaki berisi kapas, kapuk, atau apapun itu, beberapa berkata kau dilarang menggunakan boneka yang berbentuk manusia boneka barbie kurasa tidak bisa digunakan. Selain karena bentuknya menyerupai manusia, kita tidak dapat membelahnya dan mengisinya dengan beras karena ditakutkan arwah itu tidak akan meninggalkan bonekanya, dan tidak bisa sebuah boneka yang kau inginkan untuk alasan yang sama. Seseorang mengatakan bahwa boneka berukuran dan berbentuk manusia tersebut akan dengan mudah melihat/menemukanmu(ketika kau mengintip dari tempat persembunyianmu, jika kau berani). Dikatakan juga bahwa boneka ini akan bergerak dengan cara abnormal yang sangat tidak seperti manusia.
2.       Beras yang cukup untuk mengisi bonekanya (walauun aku menulisnya beras, aku tidak begitu yakin dengan artinya. Bisa saja ‘rice’ berarti nasi. Aku belum menonton HITORI KAKURENBO untuk memastikannya XXD)
3.       Gunting
4.       Jepit kuku (cara tradisional untuk bermain adalah dengan mengunting beberapa kukumu sendiri  untuk diletakkan di dalam boneka. Beberapa percaya bagian tubuh apapun seperti kulit, darah, rambut dan lain lain akan bekerja, tapi yang lain berkata hanya guntingan kuku yang aman). Menggunakan bagian tubuh orang lain akan mengutuk orang tersebut. Jadi tolong jangan lakukan in my opinion, jika kau memang ingin mengutuk orang tersebut, gunakan wara ningyo (boneka jerami), hotline to hell, voodoo, atau apapun. Tidak ada jaminan bahwa jika kau mengutuk orang tersebut dengan boneka hitori kakurenbo ini arwah yang menghantui orang tersebut tidak akan menghantuimu juga!! jika permainan dilakukan oleh beberapa orang, setiap orang harus menggunting kukunya dan memasukkannya ke boneka hewan tersebut.
5.       Jarum dan benang merah yang cukup panjang untuk menjahit bonekanya setelah memasukkan beras dan dan membelit boneka tersebut beberapa kali untuk mengikatnya.
6.       Benda tajam untuk menikam boneka itu (biasanya digunakan pisau, tapi beberapa percaya cara paling aman untuk melakukannnya adalah dengan menggunakan jarum, atau bahkan pensil karena dipercaya jika arwahnya menemukanmu, dia akan menikammu dengan cara yang sama kau menikamnya)
7.       Sebuah baskom, bak cuci piring, bak mandi, atau apapun yang bisa menampung cukup air untuk merendam bonekanya.
8.       Hal yang terpenting!! Segelas penuh alcohol atau air larutan garam. Berhati-hatilah jika kau menggunakan alcohol. Sake jepang dipercaya menjadi satu-satunya hal yang benar-benar bekerja, karena beberapa orang percaya itu Murni. Paling aman menggunakan air larutan garam karena setiap orang yang bercerita setuju bahwa ini bisa berguna.

Sekarang, sebelum kita menuju bagaimana cara memainkannya, aku akan menjelaskan arti setiap bagian dari boneka yang diwalikinya.
1.       Boneka itu sendiri berarti sebuah raga yang benar-benar nyata yang kau gunakan untuk membuat atau memanggil untuk didiami oleh si arwah tersebut.
2.       Beras berguna untuk pesembahan kepada arwah tersebut untuk menjadikannya lebih kuat dan untuk perwakilan organ-organ di dalam boneka.
3.       Benang merah berarti mewakilkan pembuluh darah dan raga yang nyata di dalam bonekanya.
4.       Tempat untuk bersembunyi dimana kau bisa mengintip tanpa bisa ketahuan, idealnya adalah kloset atau kamar kecil yang memiliki lubang pintu
5.       TV sebagai sarana arwah berbicara padamu. pada sebuah cerita diberitahu bahwa pada saat arwahnya mulain mencarimu, saluran TV akan berganti-ganti hingga akan membentuk kalimat “Aku. Akan. Menemukanmu” atau semacamnya
6.       Dan yang paling menarik, adalah potongan dari kuku yang dipercaya sebagai perwakilan dari dirimu untuk memfokuskan kemarahan arwah tersebut, perwakilan darimu untuk memfokuskan kutukan hanya kepada pemilik potongan kuku tersebut. Atau perwakilan dari dirimu untuk membantu membuat cerminan dirimu.

Baiklah, ini adalah cara untuk memainkannya.

1.       Pertama, gunting dan bukalah bonekamu kemudian keluarkan semua isinya, dan gantikan dengan beras dan guntingan dari kukumu.
2.       Jahit boneka tersebut dengan benang merah dan gunakan sisa benangnya untuk melilit lengan dan kakinya beberapa kali hingga benang tersebut habis dan mengikatnya.
3.       Berilah nama boneka tersebut siapapun kecuali namamu. Beberapa orang berfikir jika kau menamai bonekanya dengan nama orang tertentu, itu akan mengutuk mereka. Jadi tolong hindarilah.
4.       Tunggu hingga gelap, beberapa orang percaya waktunya harus jam 03:00 am sementara yang lain percaya permainan ini dapat dilakukan pada jam berapapun saat telah gelap.
5.       Yakinkan kau satu-satunya orang yang ada di rumah. Orang lain maupun binatang peliharaan dapat ditemukan oleh arwah tersebut dan dibunuh. Beberapa orang dapat bermain bersama dengan syarat setiap orang memotong kukunya dan bergantian ‘menjaga’ dan menemukan bonekanya. Bonekanya akan menjadi yang terakhir jaga. Tapi biasanya permainan ini dimainkan sendirian Karena itulah permainan ini disebut HITORI KAKURENBO = PETAK UMPET SENDIRIAN. Walaupun dalam permainannya pemain tidak benar-benar “sendirian”
6.       Ketika kau siap memulai permainannya, persiapkan baskom/ bak cuci piring/ bak mandi dan penuhi dengan air.
7.       Matikan seluruh lampu di rumah. Kau bisa meninggalkan TV menyala. Beberapa berkata kau harus meninggalkan TV dekat tempat kau bersembunyi menyala dan apa yang terjadi pada TV tersebut menunjukkan apa yang arwah itu lakukan. Beberapa berkata kau bisa membiarkan semua TV menyala,tapi hanya diatur ke keadaan statis.
8.       Kau harus telah memilih tempat bersembunyi sebelum memulai ritual ini! Tempat bersembunyi  sebaiknya dapat diamankan dengan mudah, seperti kloset, beberapa berkata kau harus mengunci pintunya, yang lain berkata ini tidak aman dan kau harus meninggalkan semua pintu termasuk pintu keluar tidak terkunci untuk melarikan diri dengan cepat jika dibutuhkan. Tentu saja ini benar-benar menjadi pilihan terakhir Karena kau tidak boleh meninggalkan rumah hingga permainan berakhir, tapi mereka tidak menyebutkan kenapa. Akan menjadi sangat bijaksana jika kau melindungi tempat bersembunyimu dengan lingkaran garam disekitarnya, seperti di sekeliling dinding kloset, dan kau sebaiknya membawa symbol-simbol religious yang kau percayai dapat melindungimu.
9.       Beberapa orang berkata, adalah sebuah ide bagus untuk memiliki teman yang aman berada di luar rumah dengan aman siapa tahu kau perlu memanggil mereka untuk meminta tolong, tapi karena beberapa orang berkata mereka bahkan tidak dapat menemukan bonekanya di luar rumah, ide ini mungkin tidak aman. Yakinkan HPmu berada mode ‘hening’ bersamamu sepanjang waktu.


Nah, sekarang mari memulai ritualnya. Berdirilah di depan bak berisi airmu memegang bonekamu dan katakan ini tiga kali.
“(namamu) akan menjadi yang pertama jadi setan. (namamu) akan menjadi yang pertama jadi setan. (namamu) akan menjadi yang pertama jadi setan*”. Beberapa berkata kau harus berkata pada boneka itu dengan suara kejam.

* dalam permainan petak umpet kita di Indonesia, orang yang menutup mata dan mencari di sebut ‘yang jaga’ . Tapi dalam permainan Hitori Kakurenbo (dan di permainan lain yang melibatkan 1 orang melawan orang lain. Orang yang sering mengikuti Kagrra, no Su pasti mengerti konteks peserta permainan ini XDD), orang ini di panggil ‘Oni’ yang berarti ‘Setan’ yang mana membuat permainan ini semakin menakutkan

Sekarang, jatuhkan boneka yang telah diisi tadi ke dalam air, berjalanlah ke ruangan lain di dalam rumah untuk mematikan lampu dan pejamkan matamu sementara kau berhitung hingga sepuluh.

Berjalanlah kembali ke ruangan dimana boneka yang telah diisi, pungutlah dan katakan: “(nama boneka) aku menemukanmu!” tusuklah bonekamu. Lalu katakan “sekarang (nama bonekanya) yang jadi setan! Sekarang (nama bonekanya) yang jadi setan!”

Jatuhkan boneka itu kembali ke air dengan barang yang kau gunakan untuk menusuknya dan pergilah ke tempat persembunyianmu dengan cepat namun juga diam sambil membawa air larutan garam atau alcohol. Sekarang, pada saat ini beberapa orang bilang kau harus meletakkan air larutan garam di mulutmu tepat setelah kau menikam boneka itu dan mengumumkan bonekamu untuk jadi setan, sementara yang lain berkata kau hanya perlu meletakkan air larutan garam tersebut ketika kau meninggalkan tempat persembunyianmu.

Tetaplah dalam keadaan yang benar-benar diam dan hening sementara kau bersembunyi!!aku membayangkan pasti kau berada di ruangan kecil tertutup, gelap, dengan hantu berkeliaran mencarimu. Kondisi ini akan membuatku panic, bahkan bernafas pun akan terasa sangat nyaring >,<Hal ini sangat penting karena jika kau ditemukan bahkan jika kau hanya menggunakan pensil untuk menikam boneka tersebut, sesuatu yang buruk akan terjadi padamu. mereka berkata bahwa arwah tersebut berada di dalam tempat persembunyian mereka, menarik-narik rambut atau bernafas di dekat leher mereka. Jika kau mencurigai arwah itu berada di dalam tempat persembunyianmu, segera letakkan air larutan garam ke dalam mulutmu, jika kau belum melakukannya! Hal ini akan melindungimu dari arwah tersebut.

Beberapa dari mereka berkata mereka mendengar arwah itu bergerak di sekitar rumah mencari mereka, memanggil nama mereka dan mengutuk mereka untuk memanggil mereka keluar, bahkan ada yang bercerita bahwa arwah itu berteriak dan hampir mendobrak pintunya jika saja di sekeliling ruangan tersebut disebar kacang merah. Aku menyarankan kau untuk tidak keluar. Beberapa yang lain berkata bahwa TVnya akan berganti-ganti saluran, volume suara atau menjadi mati dan hidup dengan sendirinya. Mereka berkata bahwa arwah tersebut benar-benar dapat ‘berkomunikasi’ dengan pemain dengan cara melalui percakapan di TV. Misalnya untuk membentuk kalimat “dimana kau berada?”, kata “dimana” akan diambil dari percakapan di saluran 1, lalu kata “kau” ada di chanel 2, dan “berada?” ada di chanel 3. Tentu saja TV tersebut berganti-ganti dengan sendirinya. Yang lain  mendengar suara cakaran kuku, suara tawa perempuan, langkah kaki, pintu digedor, mencium bau busuk, suhu menjadi dingin, atau bahkan bisikan yang mengatakan langsung “dimana kamu? Aku akan menemukanmu!!”

Di beberapa tempat diberi tahu bahwa kau sebaiknya hanya bermain kurang dari dua jam jika tidak arwah itu menjadi terlalu kuat untuk dihilangkan. Yang lain berkata kau harus bermain hingga matahari terbit. Seseorang bercerita bahwa dia bermain selama 4 jam karena menunggu matahari terbit, tapi menurut pengakuannya bahkan setelah dia mengakhiri permainan tersebut, dia masih merasa diikuti dan terus diperhatikan selama beberapa bulan. Yang manapun yang kau percayai, ketika sudah saatnya untuk mengakhiri permainan, atau ketika kau telah terlalu takut untuk melanjutkannya, ini adalah langkah-langkah yang benar untuk mengakhiri permainan dan menghilangkan keberadaan arwah tersebut. Tolong, jika kau memainkan permainan ini, jangan berhenti tanpa mengakhiri permainannya! Tolong ikutilah instruksi berikut ini.

Jika kau merasa siap untuk mengakhiri permainan ini, penuhi mulutmu dengan air larutan garam/alcohol sebanyak mungkin. Ini hanya opiniku tapi aku akan menunggu hingga kedengarannya arwah tersebut berada di ruangan di dekatmu, atau jika kau mendengarnya berada di sisi lain rumahmu- tidak berada diantara kau dan ruangan dimana kau berharap bonekanya berada. Bawalah sisa air garam tersebut bersamamu dan diam-diam berjalanlah kearah boneka itu. Banyak yang berkata bahwa bonekanya tidak selalu berada di tempat dimana kau meninggalkannya, jadi bersiaplah untuk boneka mencari di seisi rumah dan juga benda tajam tadi tidak bersama mereka. Beberapa mengaku mereka tidak dapat menemukan bonekanya dan tidak ada keterangan pasti apa yang terjadi pada mereka setelah ituHOLLY SH*T!!! WHAT IF, WHAT IF, WHAT IF the doll went somewhere? Like… our places? T^T. Pada saat ini beberapa orang berkata bahwa kau harus melakukan 2 hal ini. Hal ini sangat penting untuk keamananmu 1.) yakinkan untuk tidak menelan air larutan garam atau alcohol. Jika kau melakukannya hal itu dianggap air garam tersebut tidak lagi melindungimu. Seseorang bercerita bahwa kakaknya tidak sengaja menelan air garam tersebut ketika sedang mengintip, dia ketahuan dan sebelah matanya ditikam dengan pisau oleh arwah tersebut!!  2.) ketika kau sedang mencari boneka dan benda tajam tadi, kau hanya boleh melihat kedepan, jangan menoleh kebelakangmu!! Aku masih belum menemukan mengapa dan apa yang terjadi jika kau menoleh kebelakang sementara mencari boneka dan benda tajam.

Ketika kau menemukan bonekanya, muntahkan air larutan garam kepadanya, beberapa berkata kau juga sebaiknya menuangkan sisa airnya ke boneka tersebut. Tutup matamu dan katakan “aku menang! Aku menang! Aku menang!” dan permainan berakhir.

Beberapa berkata kau harus melewati rumahmu dan menyalakan seluruh lampu kembali.

Bagian berikutnya benar-benar penting!
Keringkan bonekanya secepat mungkin dan bakarlah! Setiap orang yang bercerita berkata bahwa jika kau tidak membakar bonekanya, permainannya berakhir tapi arwah tersebut tidak menghilang atau hancur dan tetap dapat melukaimu. Aku telah mendengar legenda ini bahwa kau harus membakar benda-benda jahat dengan garam untuk menyucikan mereka. Karena aku tidak pernah mendengar hal ini dengan legenda hitori kakurenbo, pilihannya tergantung padamu. beberapa beranggapan bahwa kau harus memanggil pengusir setan atau pendeta untuk lebih meyakinkan. Opini pribadiku adalah kau harus menyatakan dengan jelas bahwa arwah itu tidak diperbolehkan lagi berurusan di rumahmu atau di sekitarmu.

Aku menemukan di sebuah LiveJournal dimana dia memaparkan beberapa alasan untuk tidak bermain Hitori Kakurenbo
1.) satu dari tiga pemain pertama permainan ini menghilang, sementara 2 lainnya dikabarkan mengalami hal yang benar-benar ‘aneh’
2.) seorang pemain dihantui oleh arwah tersebut. Ketika temannya membawanya ke kuil, pendeta disana berbicara dengan hantu tersebut. Hantunya meraung: “orang ini memanggilku dan bermain denganku secara brutal!! Dia menikamku!!” seperti yang kau lihat, ini bukanlah pengalaman yang menyenangkan bagi si hantu juga.
3.) permainan ini dapat membuat pikiranmu ketakutan setengah mati.
4.) permainan ini adalah campuran dari voodoo barat dan kutukan jepang. Ini adalah permainan yang mengarahkan kutukan kepada dirimu sendiri. Meletakkan bagian dirimu di dalam boneka berarti kau membuat boneka itu menjadi replikamu, dan menikam bonekanya berarti kau menikam dirimu sendiri.


ada sebuah kutipan yang disebutkan ketika seseorang membahas 'Hitori Kakurenbo' 
“jika kau dapat menemukanku, aku akan memberikanmu ragaku” 


Postingan populer dari blog ini

Hitomi no Jyuunin- L’Arc~en~Ciel (indonesian translate)

ENDLESS RAIN- X JAPAN(Indonesian translate)

Sangatsu Kokonoka- REMIOROMEN (Indonesian translate)